Headlines News :
Home » » Kue Lompong “Si Hitam” Jajanan Asli Purworejo

Kue Lompong “Si Hitam” Jajanan Asli Purworejo

Written By Unknown on Wednesday 30 October 2013 | 20:57

Kendati Kabupaten Purworejo bukan daerah tujuan utama wisatawan, namun memiliki kekayaan kuliner yang tidak kalah. Bayak jajanan khas kabupaten yang sudah berusia 1111, dapat dinikmati para wisatawan baik domestik maupun manca negara. Makanan khas Purworejo itu, diantaranya kue lompong, yang sudah ada sejak puluhan tahun silam dan dibuat secara turun temurun.
Kue lompong adalah  kue basah manis  yang  terbuat dari adonan  tepung beras ketan, gula kelapa, gula  pasir dengan  isi bulir kacang tanah  di dalamnya. Kue lompong menjadi menarik  karena bentuknya seperti kue mata sapi tetapi  berwarna hitam. Warna hitam pada kue ini berasal dari tanaman lompong atau lumbu atau  talas   yang dilumatkan dan dicampur ke dalam adonan kue. Di samping itu, kue ini dibungkus menggunakan klaras atau daun pisang yang sudah kering
Sentra pembuatan kue lompong ada di Kelurahan Pangenrejo dan Pangen Jurutengah dan sebagian Kledung Kradenan. Kendati di luar desa tersebut ada yang membuat, namun skalanya kecil. Pemasaran hingga luar kabupaten seperti Yogyakarta, Muntilan, Magelang. Makanan itu tidak menggunakan bahan kimia seperti pewarna dan pengawet, sehingga masih aman dikonsumsi manusia. Cara pengolahannya pun masih sederhana dan tradisional, belum tersentuh teknologi modern.
Salah satu pembuatnya, Meiske Lystya Permatasari, (28), warga Jl Tentara Pelajar no. 24, ketika ditemui di rumahnya sekaligus sebagai sebagai tempat usaha, mengungkapkan bahwa ia membuat kue lompong sejak puluhan tahun silam. Keahliannya diperoleh dari kakeknya semasa masih hidup. Kemudian dilanjutkan ibunya, Ruth Ekayanti, yang sampai sekarang juga masih memproduksi. Setelah ia berkeluarga dan menempati rumah sendiri, ia juga membuat dan memasarkan hasil usahanya.
Tiap hari ia mampu menghabiskan tepung beras ketan sekitar 15 kg. Tiap satu kg beras ketan, membutuhan kacang tanah sekitar 7 ons. Ia dibantu 6 orang pekerja. Cara membuatnya, adonan tepung beras ketas diberi garam secukupnya, kemudian diaduk hingga kalis. Dibuat bulat-bulat, dan diisi adonan pecahan kacang tanah yang dibumbui gula kelapa. Setelah itu dipipihkan. Warna hitam sebagai cirikasnya, menggunakan tanaman lompong atau talas yang dibakar.
Setelah itu dibungkus menggunakan daun pisang kering (klaras) yang telah dibesirhan dan sedikit dilumuri minyak kelapa. Bahan pembungkus ini ternyata belum bisa digantikan bahan lain, seperti plastik maupun daun bambu. Ia mengaku pernah mencoba beberapa alternatif bungkus, namun tidak bisa selalu lengket. Demikian juga klarasnya harus kering secara alami. Daun pisang kering dengan cara dijemur, teryata membuat kue mudah busuk. Bungkusan diikat tali dari oman (gagang padi). Bahan tersebut sampai saat ini tetap dipertahankan sebagai ciri kasnya. Baru dikukus selama 2 jam. Pihaknya juga mencampurkan bumbu rempah-rempah, namun ia rahasiakan, sebagai ciri kas kue buatannya. Produksinya telah didaftarkan di Dinas Kesehatan Kabupaten Purwoejo dan mendapatakan regster perusahaan industri rumah tangga (PIRT)
Kue ini bisa bertahan hingga dua minggu bila tidak dimasukkan dalam lemari pendingin. Bila dimasukan di lemari pendingin bisa mencapai satu bulan. Bila mengeras ia menyarankan dikukus kembali. Ia membuat dua ukuran kue, besar dan kecil. Tiap satu kg beras ketan bisa dibuat sekitar 45 bungkus ukuran kecil, dan 55 ukuran besar.
Pemasaran  dengan model dititipkan  ke toko-toko penjual jajanan khas  dan harga  murah meriah. Yaitu  1000 rupiah untuk  kue lompong  bungkus ukuran  kecil, dan 1.500 untuk ukuran  besar,  serta 2000 rupiah untuk  penjualan di luar kota. Kue lompong buatannya diberi embel-embel nama Purworejo  dibelakangnya, ternyata  lumayan  sukses  menarik minat konsumen. Terbukti  dengan  jumlah    jaringan pemasarannya   yang kini mencapai  50 toko yang tersebar di wilayah  Purworejo, Secang, Magelang dan Yogya. Biasanya penjualan kue Lompong akan meningkat menjelang  masa liburan sekolah dan lebaran.

Sumber : 
http://www.purworejokab.go.id/news/serba-serbi/1620-kue-lompong-si-hitam-jajanan-asli-purworejo
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. adeitu prast - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger